Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Amalan Sambut Bulan Ramadhan 2023, Ceramah Ustadz Adi Hidayat Imbau Baca Doa Berikut



Pendakwah Ustadz Adi Hidayat menjelaskan amalan yang dapat dilaksanakan umat muslim menyambut bulan Ramadhan 2023.


Diimbau Ustadz Adi Hidayat, umat Islam hendaknya senantiasa memperbanyak doa, salah satunya membaca doa menjelang hadirnya bulan Ramadhan.


Ustadz Adi Hidayat mengatakan doa tersebut bersumber dari hadits shahih yang bagus dibaca, bermakna kelapangan hati dan jiwa.


Saat ini telah berada di pertengahan Syaban 1444 Hijriyah, hal ini pertanda sekitar dua pekan lagi menuju bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.


Di penanggalan Islam, satu bulan khusus berpuasa yakni bulan Ramadhan. Di bulan suci, umat Islam diperintahkan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Umumnya menyambut datangnya bulan Ramadhan, masyarakat bersuka cita dan memperbanyak amal shaleh.


Di antara amalan baik yang dapat dilakukan adalah membaca dan merutinkan doa-doa kepada Allah SWT.


Ustadz Adi Hidayat menjelaskan Nabi Muhammad SAW menuntun umat untuk membaca doa yang dapat diamalkan menyambut bulan Ramadhan.


Hal ini bertujuan agar umat Islam dapat menerima hati dengan lapang akan datangnya bulan Ramadhan, dan diberikan kelapangan hati dalam menunaikan semua perintah dan anjuran di bulan Ramadhan.


"Doa ini dapat meluaskan hati dan melapangkan jiwa bagi yang membacanya untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan," papar Ustadz Adi Hidayat dilansir dari kanal youtube Kajian Rohani Islam.


Doa itu bersumber dari riwayat Imam at-Tirmidzi dengan nomor hadis 3.451.


Berikut doa menyambut Ramadhan lengkap dengan arti dan penjelasannya:


اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله


Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallahu.



Artinya: "Ya Allah mohon hadirkan awal ramadhan kepada kami dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan selamat, dan dengan kekuatan Islam Rabbi wa Rabbukallahu."


Dari sekian doa yang diriwayatkan, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan doa ini yang paling populer atau masyhur, serta kuat dari sisi hadis dan paling lengkap redaksinya.


Ia menambahkan, umat Islam hendaknya memperbanyak bacaan doa tersebut di awal bulan Ramadhan dan akan mendapatkan taufik dari Allah SWT.


Dari doa ini dijabarkannya, isyarat bagi umat Islam yang ingin melakukan kebaikan sekalipun hanya dengan doa, lebih baik tidak sendiri dan menyertakan orang lain dalam doa yang dipanjatkan.


"Bagi orangtua, pasangan hidup, anak-anak yang belum tahu doa ini sertakan mereka," terang Ustadz Adi Hidayat.


Fadhilah doa itu adalah memohon kepada Allah agar mendapatkan ketentraman hati kala bulan Ramadhan datang.


Bagi orang-orang yang masih merisaukan persoalan dunia, misalnya bahan sembako terus naik, atau orang yang tidak biasa berpuasa akan takut dan ingin menghindar, menganggap bulan Ramadhan datang terlalu cepat.


"Hendaknya membaca doa ini agar diberi ketentraman dan kelapangan hati," ujar Ustadz Adi Hidayat.


Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Amalan Sambut Bulan Ramadhan 2023, Ceramah Ustadz Adi Hidayat Imbau Baca Doa Berikut, https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/03/08/amalan-sambut-bulan-ramadhan-2023-ceramah-ustadz-adi-hidayat-imbau-baca-doa-berikut?page=2.

Penulis: Mariana | Editor: Irfani Rahman

Post a Comment for "Amalan Sambut Bulan Ramadhan 2023, Ceramah Ustadz Adi Hidayat Imbau Baca Doa Berikut"