Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Jangan Asal Berdoa !!! Haram Hukumnya Mengucap Kalimat Ini Saat Berdoa, Dianggap Penghinaan kepada Allah SWT



Setiap muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dan memohon sesuatu hanya kepada Allah SWT, tanpa kenal waktu.


Karena, Allah tidak akan pernah bosan untuk dimintai segala sesuatunya kepadanya.Selagi dia tidak bertentangan dengan ajaran Islam, Kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT.


Agar semua aktivitas itu berjalan lancar, maka hendaklah mengharapkan pertolongan dan ridho dari Allah SWT.


Apapun yang akan kita minta Allah SWT pasti akan kabulkan "Berdoalah kepadaku pasti aku akan kabulkan." (QS. AL Mu'min : 60).


Di dalam surah lain Allah SWT juga berfirman yaitu dalam QS. Fathir ayat 15: "Hai manusia, Kamulah yang sangat butuh kepada Allah, Dan Allah dialah yang Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha terpuji." (QS. Fathir : 15)


Dikutip Bondowoso Network dari kanal Youtube NS BOR CHANNEL, haram hukumnya mengucap kalimat ini saat berdoa, karena dianggap penghinaan kepada Allah SWT.


Larangan tersebut yaitu berupa kalimat-kalimat yang tidak boleh diucapkan ketika kita sedang memohon kepada Allah SWT.


Kalimat ini jelas dilarang oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, tetapi banyak yang melakukannya ketika ia berdoa. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa kalimat ini sangat baik.


Kalau kita lihat secara sepintas, maka tidak ada yang salah dengan kalimat ini. Namun ternyata kalimat ini sangat dilarang dalam berdoa oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.


Melalui Nabi kita Rasulullah SAW, Allah SWT menyampaikan;


"Bahwa kalimat ini tidak disukai olehnya kita ucapkan ketika kita berdoa dan meminta kepadaNya, sebab terkesan isinya menghina Allah" kalimat yang dimaksud ataupun yang dilarang itu adalah; "Jika engkau berkenan"


Contoh kalimatnya seperti; "Ya Allah ampunilah aku jika engkau berkenan," “Ya Allah rahmatilah aku jika engkau berkenan. kalimat seperti ini mengandung makna penghinaan kepada Allah SWT.


Karena dengan mengatakan "jika engkau berkenan."Sama dengan menganggap Allah SWT tidak akan mengampuni atau merahmati hambanya.


Allah SWT melalui Rasulullah SAW menyampaikan bahwa kata-kata tersebut tidak disukai olehnya, dan umat Islam dilarang mengucapkan ketika berdoa kalimat seperti itu.


Sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW: "Apabila salah seorang dari kalian berdoa, Hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan "Ya Allah jika berkenan maka Berilah aku." Karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya." (HR. Bukhari).


Lafal atau kalimat doa seperti ini bertentangan dengan sifat Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.


Di Dalam Hadits Qudsi dijelaskan bahwa, rasa sayang Allah kepada hambaNya mendahului daripada murkanya, sehingga Allah lebih suka menyayangi dan mengampuni hamba - hamba-Nya


sumber : fajiramedia

Post a Comment for "Jangan Asal Berdoa !!! Haram Hukumnya Mengucap Kalimat Ini Saat Berdoa, Dianggap Penghinaan kepada Allah SWT"