Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Yakin Sudah Jalani Ramadhan Sesuai Tuntunan? Ini Ciri-ciri Orang yang Puasanya Benar Kata Ustadz Adi Hidayat



Ustadz Adi Hidayat ungkap beberapa cara yang bisa kita lakukakan untuk menjalankan puasa Ramadhan yang benar.


Melalui kanal YouTubenya, Ustadz Adi Hidayat membagikan ciri-ciri orang yang menjalankan puasa dengan baik di bulan Ramadhan.


Merujuk dari surat Al Baqarah ayat 183, Ustadz Adi Hidayat mengungkap hal-hal yang dilakukan oleh orang yang berpuasa dengan benar.


Berikut ini adalah tulisan Arab, Latin, beserta artinya dari surat Al-Baqarah ayat 183:


Arab Latin: Y ayyuhallana man kutiba 'alaikumu-iymu kam kutiba 'alallana ming qablikum la'allakum tattaqn


Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.


Kata Ustadz Adi Hidayat, orang yang menjalankan puasa dengan benar adalah mereka yang mau berubah jadi orang baik, tidak mau melakukan perbuatan buruk, lisannya tidak pernah berkata kotor, bisa menahan amarahnya, dan bisa merasakan pendidikan Ramadhan ketika melakukan takbir saat memasuki Idul Fitri nanti.


Orang yang puasanya benar mau berubah jadi orang baik


Bukan hanya menahan lapar dan haus, Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa orang yang puasanya benar adalah orang yang mau berubah jadi orang baik dengan imannya.


"Ya ayyuhal ladzina, itu bukan sekedar 'hei orang-orang yang beriman' bukan hanya begitu terjemahannya," ungkap Ustadz Adi Hidayat merujuk pada surat Al Baqarah ayat 183.


"Hei semua yang merasa beriman, mengaku beriman, yang dengan imannya ingin berubah jadi orang baik, itu maksudnya," jelas Ustadz Adi Hidayat.


Orang yang puasanya benar tidak mau melakukan perbuatan buruk



Ustadz Adi Hidayat juga mengungkap bahwa orang yang melakukan puasa dengan benar adalah mereka yang menghindari perbuatan buruk.


"Orang yang puasanya benar itu, maka puasa yang dia lakukan akan melatih dia menjadi lebih baik sehingga punya benteng dari keburukan, punya perisai," kata Ustadz Adi Hidayat.


"Tidak akan berbuat yang tidak pantas, makanya saat puasa yang bohong pun libur dulu bohongnya, minimal takut batal puasanya," jelas Ustadz Adi Hidayat lagi.


Orang yang puasanya benar lisannya tidak pernah berkata kotor


Masih merujuk dari menghindari perbuatan buruk, Ustadz Adi Hidayat berkata bahwa orang yang menajalankan puasa dengan benar adalah mereka yang berlatih untuk tidak berkata kotor saat menjalankan puasa.


"Karena itu dia berlatih, orang yang puasanya benar lisannya tidak pernah berkata kotor," jelas Ustadz Adi Hidayat.


Orang yang puasanya benar bisa menahan amarahnya


Bentuk menghindari perbuatan buruk lainnya saat melakukan puasa dengan benar adalah bisa menahan amarah saat sedang berpuasa.


Ustadz Adi Hidayat mengatakan, minimal kita bisa menahan amarah hingga waktu berbuka puasa.


"Yang pemarah pun, yang sangat marah, dikit-dikit marah, nggak hujan marah, nggak panas marah, itu pas puasa bisa libur marahnya," jelas Ustadz Adi Hidayat.


Orang yang puasanya benar bisa merasakan pendidikan Ramadhan saat melakukan takbir Idul Fitri


Merujuk pada ayat dari surah Al Baqarah ayat 185 berikut:


Arab Latin: Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa orang yang melakukan puasa Ramadhan dengan benar bisa merasakan pendidikan Ramadhan.


Saat melakukan takbir memasuki Idul Fitri nanti, orang yang puasanya benar berbeda dengan orang yang puasanya hanya sekedar menahan lapar dan haus.


"Kalian itu bertakbir bukan cuma lisannya, tapi meresap dalam jiwanya karena bersyukur kepada Allah dilatih saat puasa sehingga diberi hidayah jadi orang baik," jelas Ustadz Adi Hidayat.


"Jadi nanti keliatan takbir orang yang berubah setelah Ramadhan dengan takbir orang-orang yang cuma ikut-ikutan nahan lapar dan haus," lanjut Ustadz Adi Hidayat menjelaskan.


"Orang takbirnya sukses puasanya, dia merasakan pendidikan Ramadhan," kata Ustadz Adi Hidayat.


Ustadz Adi Hidayat juga mengungkap bahwa orang yang puasanya benar bertasbih di malam tarawih meminta ampunan dari Allah Swt.


Sehingga, ketika bulan Ramadhan selesai dan Allah Swt. memberikan kita ampunan dan ada ciri-ciri yang nampak dalam diri kita.


Kata Ustadz Adi Hidayat, ciri-ciri yang nampak pada orang yang sudah menjalankan puasa dengan benar adalah senyumnya menjadi lebih cerah, taatnya bertambah, santunnya lebih banyak, dan bisa lebih menghormati tetangganya.


Maka, takbir yang kita lakukan saat masuk ke Idul Fitri merupakan perasaan senang kita karena telah berubah menjadi lebih baik.


"Latihan puasa itu mengarahkan pelakunya untuk terbebas dari keburukan karena ia berusaha menjadi orang yang lebih baik," kata Ustadz Adi Hidayat.


Sumber: YouTube Adi Hidayat Official


Post a Comment for "Yakin Sudah Jalani Ramadhan Sesuai Tuntunan? Ini Ciri-ciri Orang yang Puasanya Benar Kata Ustadz Adi Hidayat"