Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Ustadz Adi Hidayat Imbau Buat Tempat Khusus Ini di Dalam Rumah, Bisa Percepat Doa Diijabah

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat mengimbau kaum muslimin untuk membuat tempat khusus di rumah berupa mihrab atau bahkan mushola.


Keistimewaan adanya mihrab, dituturkan Ustadz Adi Hidayat di antaranya mempercepat jawaban atas doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.


Selain itu, mihrab juga memiliki hikmah memudahkan untuk memohon datangnya rezeki dari hal yang tidak diduga.


Mihrab biasanya menjadi tempat kecil yang ada di dinding paling depan masjid atau mushola yang menunjukkan arah kiblat dan merupakan tempat untuk Imam memimpin sholat berjemaah dalam suatu masjid.


Namun tak hanya di mesjid atau mushola saja, mihrab juga bisa dibuat di dalam rumah, sebab fungsi mihrab adalah tempat khusus untuk ibadah kepada Allah SWT.


Ustadz Adi Hidayat menjelaskan umat muslim yang dititipkan Allah berupa harta atau materi yang kemudian digunakan untuk menata atau merenovasi rumah, maka disarankannya untuk membuat sebuah tempat khusus.


"Coba khususkan satu tempat untuk mihrab, kalau lebih luas lagi bisa ada mushola, mihrab tempat khusus untuk ibadah yang memiliki dua keistimewaan," jelas Ustadz Adi Hidayat dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Adi Hidayat Official.


Keistimewaan mihrab yakni tempat yang bisa mempercepat jawaban dari doa, dan memudahkan untuk memohon datangnya rezeki dari hal yang tidak disangka.


Mihrab dapat difungsikan untuk berdoa kepada Allah atas semua persoalan hidup, termasuk persoalan rumah tangga.


Ustadz Adi Hidayat mengatakan mustahil dalam hidup berumah tangga tidak ada masalah, kemungkinan akan terjadi ujian dalam rumah tangga dari level ringan hingga berat.


Sebab persoalan rumah tangga Allah turunkan untuk mendapatkan sakinah dari pelajaran atau ujian yang Allah berikan.


"Untuk meringankan ujian itu, supaya mudah dijalani, mihrab tempat yang paling tepat untuk memohon, sehingga sebelum menjalani itu Allah sudah ringankan, dan saat merasa berat ada tempat untuk curhat," papar Ustadz Adi Hidayat.


Masalah sekarang, mihrabnya pindah ke media sosial, Instagram, dan lainnya, jika ada persoalan rumah tangga sebagian orang menggunakan media sosialnya untuk membuat status.


Perempuan yang memiliki mihrab adalah Maryam binti Imran. Nabi Muhammad SAW menyebut dua perempuan penghulu langit adalah Khadijah RA dan Maryam binti Imran.


Sementara perempuan yang istimewa ada dua, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah binti Muzahim.


Kisah mihrab Maryam dijelaskan dalam Surat Ali ‘Imran Ayat 37


فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا ٱلْمِحْرَابَ وَجَدَ عِندَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَٰمَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ


Fa taqabbalahā rabbuhā biqabụlin ḥasaniw wa ambatahā nabātan ḥasanaw wa kaffalahā zakariyyā, kullamā dakhala 'alaihā zakariyyal-miḥrāba wajada 'indahā rizqā, qāla yā maryamu annā laki hāżā, qālat huwa min 'indillāh, innallāha yarzuqu may yasyā`u bigairi ḥisāb


Artinya: Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.


"Mihrab dibuatkan oleh sang Ibunda Maryam, yakni Hannah yang diinisiasikan dengan ayahnya Ali Imran. Imran meninggal sebelum Maryam lahir, dibuatkan mihrab untuk mendekatkan diri Maryam kepada Allah," terang Ustadz Adi Hidayat.



Allah memberikan perhatian lebih kepada Maryam mulai dari tumbuh, dewasa, hingga berpulang kepada Allah.


Sehingga Ustadz Adi Hidayat mengimbau untuk umat muslim agar dapat membuat mihrab tersebut, tidak perlu luas, bahkan di rumah kontrakan pun bisa sebagaimana pengalaman Ustadz Adi Hidayat.


"Kalau mau curhat kata Allah curhatkan kepadaku, dan curhat paling cepat yang Allah kasih jawaban itu di mihrab," ucap Ustadz Adi Hidayat.


Begitu pula dengan rezeki, Ustadz Adi Hidayat mengatakan dengan memperbanyak amal shaleh dan mengadu di mihrab kepada Allah, Allah akan lancarkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.


Sumber : banjarmasin.tribunnews.com

Post a Comment for "Ustadz Adi Hidayat Imbau Buat Tempat Khusus Ini di Dalam Rumah, Bisa Percepat Doa Diijabah"