Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

BUKAN SAMAWA TAPI INI UCAPAN YANG TEPAT UNTUK PENGANTIN BARU




Menjelang hari libur (sabtu & minggu), biasanya dipenuhi dengan agenda menghadiri resepsi pernikahan, baik itu sodara,sahabat,rekan kerja, mantan.
     Hari libur sering digunakan untuk acara resepsi karena asumsikan akan banyak tamu yg datang/menghadiri resepsi,karena waktu senggang(libur kerja).

nah...buat kalian yang dapet undangan jangan lupa hadir, kalian bisa icip icip makanan yg sudah disediain hehe. Tapi jangan lupa doakan kedua mempelai yang sedang menjalani tangga bahagianya.

Ketika menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan seseorang, kata ucapan pernikahan yang umumnya disampaikan adalah "Semoga sawawa, ya!" atau "Sakinnah Mawaddah warrahmah." Itu merupakan doa baik, namun bukan doa untuk pasangan yang baru menikah. Jika ingin menyampaikan doa untuk pengantin baru, ini doa yang tepat.

Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, "Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan" (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

selain doa diatas kalian juga bisa mendoakan agar calon pengantin mendapatkan jodoh yang baik, Doa tersebut terdapat pada potongan dari surat asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi,

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."


 Dan adapun doa yang dapat kalian sampaikan kepada calon pengantin saat menemaninya,doa memohon kelancaran persiapan acara pernikahan, karena tidak jarang selalu saja ada ujian bagi calon pengantin yang sedang menunggu datangnya acara pernikan. Doa ini berasal dari potongan surat al-Kahfi ayat 10, yang berbunyi,

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

 Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

doa ini dapat kalian beritahu kepada teman atau sodara yang sedang mempersiapkan acara pernikahan, agar mereka dapat mengamalkannya.





     Doa untuk pasangan pengantin sama seperti yang tercantum pada poin pertama. Namun selain doa tersebut, kamu juga dapat membacakan doa lainnya untuk memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia. Ada juga doa yang dapat kamu panjatkan ketika sedang duduk/ menyantap hidangan di resepsi pernikahan, seperti berikut.


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)




''semoga bermanfaat''

Post a Comment for "BUKAN SAMAWA TAPI INI UCAPAN YANG TEPAT UNTUK PENGANTIN BARU"