Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Bulan Puasa Masih Bisa Maksiat? Kata Buya Yahya Bukan Akibat Godaan Setan, Tapi Manusia Tak Mampu Lakukan Ini


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan. Bagi umat muslim bulan ini dijadikan momentum untuk berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan, dan meningkatkan keimanan.


Pada bulan Ramadan umat Islam percaya kalau setan dibelenggu atau dikurung oleh Allah Swt, sehingga tidak memiliki kekuatan untuk mengggoda manusia seperti biasanya.


Lantas, mengapa masih ada orang yang melakukan kemaksiatan di bulan Ramadhan?


Melansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Rabu (5/4/2023), Buya Yahya memberikan penjelasan ada faktor yang menyebabkan kalau seseorang, masih bisa melakukan kemaksiatan di bulan yang penuh ampunan ini.


Menurutnya, kemaksiatan yang terjadi di bulan suci Ramadan bukan karena dari godaan setan tapi karena manusia itu sendiri, yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya.


"Maksiatnya di bulan Ramadhan bukan karena setan menggoda mereka, akan tetapi hawa nafsu yang terlantai dengan kemaksiatannya masih berkiprah," ungkap Buya Yahya.


Ulama kondang asal Cirebon itu menilai, betapa kuat dan bahayanya dorongan hawa nafsu manusia kalau tidak bisa dikendalikan.


Karena kata Buya Yahya, hawa nafsu bisa menguasai pikiran dan perilaku seseorang. Bahkan hingga ke tingkat kejahatan yang lebih buruk dari tindakan setan.


"Hawa nafsu yang ada pada kita ternyata lebih keji, lebih kejam, lebih jahat dari pada 70 syaitan. Hawa nafsu akan senantiasa mengajak pada kehinaan, mengajak pada kejelekan," lanjutnya.


Buya Yahya secara tegas menyampaikan, saat setan dibelenggu adalah waktu yang tepat, untuk membiasakan diri dalam mengendalikan hawa nafsu.


"Saat inilah waktunya kita memerangi hawa nafsu, sebab di bulan Ramadhan setan sudah tidak berkiprah lagi. Akan tetapi hawa nafsu kita yang sudah dilatih oleh setan bertahun-tahun. Jika kita tidak perangi, maka hawa nafsu ini akan mengajak kita pada kehinaan," ucap Buya. (*)

sumber : suara.com

Post a Comment for "Bulan Puasa Masih Bisa Maksiat? Kata Buya Yahya Bukan Akibat Godaan Setan, Tapi Manusia Tak Mampu Lakukan Ini"