Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Perempuan Wajib Tahu! Ini Aturan Memakai Hijab yang Benar Kata Ustadz Adi Hidayat



Bagi seorang perempuan muslim, hijab atau jilbab seharusnya menjadi identitas dan bagian dalam dirinya. Berikut aturan memakai hijab yang benar menurut Ustadz Adi Hidayat.


Perempuan muslim tidak bisa menggunakan hijab secara asal-asalan, melainkan sesuai dengan aturan yang ditetapkan syariat Islam. 


Meski begitu, saat ini masih banyak perempuan muslim yang meggunakan hijab seadanya saja. 

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bagaimana cara menggunakan hijab yang baik dan benar. 


Sebelumnya, menggunakan hijab itu harus disertai dengan keimanan. Karena, iman itu akan mendorong kita untuk menggunakan hijab dengan baik dan benar. 


Dalam salah satu ayat Al-Quran, dituliskan dengan jelas bahwa Allah SWT memerintahkan hambanya untuk memakai hijab dengan baik. 


Hijab yang dimaksud di sini terbagi ke dalam dua pendapat, yang pertama hijab itu bukan hanya tentang kerudung. 


Pada pendapat pertama ini, dijelaskan bahwa hijab juga termasuk ke dalam pakaian yang digunakan, di mana sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar. 


Selain longgar, pakaian tersebut juga harus tampak bagus dan tidak asal-asalan, sama seperti hijabnya. 


Karena saat ini sering ditemui, seseorang yang menggunakan hijab indah tetapi pakaian yang digunakannya kurang pantas, dalam artian kurang bagus. Contohnya memakai daster. 


Kemudian pendapat kedua, menjelaskan bahwa penggunaan hijab harus disempurnakan dengan baju yang dipakai. 


Artinya, hijab yang menutupi bagian atas harus disertai dengan pakaian benar-benar menutup aurat, serta tidak tampak lekukan tubuhnya. 


Jadi, bagian atas ditutup dengan hijab sampai sebatas dada. Dan disempurnakan dengan pakaian longgar yang panjangnya menjuntai ke tanah. 


Pakaian yang kotor karena tanah ini tidak najis hukumnya, melainkan diperbolehkan karena aturan dalam menggunakan hijab. 


Kesimpulannya, perlu diperhatikan bagaimana penggunaan hijab yang tepat, yang kemudian disempurnakan dengan pakaian yang baik dan sesuai syariat Islam. (*)

Sumber : Suara.com

Post a Comment for "Perempuan Wajib Tahu! Ini Aturan Memakai Hijab yang Benar Kata Ustadz Adi Hidayat"