Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About

Apakah Boleh Ada Aplikasi Alquran di HP? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat



APAKAH boleh ada aplikasi Alquran di HP? Ustadz Adi Hidayat (UAH) punya jawaban yang tentunya akan mencerahkan umat.


Sebagian orang masih bertanya-tanya, apakah boleh ada aplikasi Alquran di HP yang notabene dibawa ke mana-mana, bahkan toilet atau tempat kotor lainnya.

Padahal, bukankah Alquran tidak boleh dibawa ke tempat kotor? Lalu jika ada Alquran di HP, apakah itu membuat seseorang harus selalu suci dengan berwudhu?


Ustadz Adi Hidayat menerangkan bahwa menyikapi hal ini perlu diketahui hukumnya. Ada hukum berbeda dalam menyikapi Alquran di mushaf dengan di HP.


"Alquran dalam bentuk mushaf memiliki hukum yang melekat, seperti ditempatkan tidak di bawah, tidak boleh dibawa ke tempat yang kotor, dan sebaiknya dipegang dalam keadaan berwudhu," terang UAH, dikutip dari kanal YouTube Qultum TV, Kamis (23/2/2023).

Nah, kalau Alquran di HP, walau di dalam aplikasinya ada ayat suci, tapi hukumnya bisa berbeda. Itu tergantung dari apakah sedang membuka aplikasinya atau tidak.


"Aplikasi melekat di HP. Yang namanya aplikasi, macam-macam berkumpul di sini. Nah, mushaf yang ada di aplikasi Alquran di HP tidak menyendiri sebagai bagian yang punya hukum mushaf, tidak, karena dia melekat di barang lain yaitu di HP," terang Ustadz Adi Hidayat.


"Jadi kalau aplikasinya ditutup, ya bendanya kembali menjadi HP. Beda dengan mushaf," jelasnya. 

Post a Comment for "Apakah Boleh Ada Aplikasi Alquran di HP? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat"